jump to navigation

Tips bijak dalam mengatur uang Januari 22, 2008

Posted by pengelolaan keuangan in Tips Keuangan.
trackback

Kebanyakan dari kita belum mengetahu bagaimana cara mengelola uang agar semua kebutuhan dan keinginan kita dapat terpenuhi dari penghasilan kita yang terbatas jumlahnya. Menurut Jennifer Meinert ada beberapa langkah yang perlu anda tempuh agar pengelolaan keuangan anda menjadi lebih baik.

1. Evaluasi cash flow anda Anda harus melakukan pencatatan tentang semua pos pengeluran anda terutama pengeluaran rutin. Perhatikan pula pos-pos pengeluaran lain yang banyak menyedot kas anda. Buat catatan singkat tentang sumber-sumber pengeluaran tersebut, misal : buatlah catatan tentang semua pos pengeluaran anda, catatlah semua barang yang anda beli pada saat anda berbelanja mingguan/bulanan. Setelah catatan anda terkumpul selama kurun waktu tertentu, anda akan tahu pola belanja anda. Catatan pola belanja ini adalah awal dari langkah pengelolaan keuangan selanjutnya.

2. Tetapkan tujuan anda untuk kurun waktu tertentu Anda tentu punya impian yang ingin anda capai dimasa mendatang. Percuma anda bekerja keras hari kemarin dan hari ini kalau tidak ada yang bersisa untuk masa yang akan datang. Tetapkan impian anda yang ingin diwujudkan, toh bermimpi itu gratis. Tetapi harus diperhatikan pula bahwa impian anda ini harus memuat prinsip SMART (Specific, Measurable, Achievable, Result-oriented, dan Time-bound. Artinya apa, bahwa impian anda haruslah konkrit dan dapat diukur misal, ingin beli mobil baru, kemudian apakah harga mobil tersebut proporsional dengan penghasilan anda. Kemudian impian tersebut dapat diwujudkan dari hasil kerja keras anda bukan dari warisan ortu, serta terakhir harus ada batasan waktu kapan mimpi anda tersebut akan tercapai.

3. Awasi pos pengeluaran anda Amati pos pengeluaran anda tersebut. Urutkan pos pengeluran tersebut menurut urgensinya, misal : pos belanja bahan makanan urutannya lebih tinggi daripada pos rekreasi. Cek pos pengeluaran yang kira-kira kalau dihilangkan tidak mengganggu aktivitas anda. Kalau ketemu, hilangkan saja, jadi pos tersebut bisa dikonversi menjadi tabungan anda, Semakin banyak pos yang dikurangi berarti semakin banyak tabungan anda.

4. Buat Anggaran belanja baru Susun ulang anggaran belanja anda kembali. Di anggaran baru tersebut anda akan tahu perilaku belanja (spending habits) anda yang baru. Seberapa besar kemampuan menabung anda dan kontribusinya dalam mencapai impian anda.

5. Evaluasi terhadap anggaran baru tersebut Patuhi anggaran baru tersebut sebagai pedoman pola belanja anda. Buatlah modifikasi seperlunya dalam rangka menyesuaikan dengan kondisi dilapangan.

Sebagai penutup, sikap, konsistensi diri serta kemauan untuk mematuhi anggaran tersebut merupakan salah satu cara agar kita lebih bijak dalam menggunakan uang.

Komentar»

1. sitidjenar - September 13, 2008

tips yg bagus…prakteknya yg susah..hehee salam kenal mas eko..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: