jump to navigation

Kunci Sukses Agustus 22, 2008

Posted by pengelolaan keuangan in Etos Keuangan.
trackback

Dalam banyak hal yang dapat kita temui dari contoh sukses dari para tokoh yang dianggap berhasil dalam karirnya, selain keuletan perjuangan dan kiat sukses para tokoh tersebut ternyata ada intisari yang dapat kita ambil hikmahnya agar kita ikut sukses tanpa harus menjalani seperti yang mereka alami. Dalam filosofi masyarakat cina ada tiga hal yang dapat kita ambil sebagai intisari kenapa seseorang menjadi sukses.

Kunci sukses pertama adalah kerja keras. Kerja keras bagi mereka adalah WAJIB hukumnya. Tidak ada tokoh sukses yang datangnya keberhasilannya secara kebetulan tanpa kerja keras. Karakteristik mereka pada umumnya adalah pekerja keras dan tidak suka membuang waktu, selain itu ‘Non Sense’.

Kunci sukses kedua adalah kerja cerdas. Kerja keras saja ternyata tidak cukup untuk modal mencapai kesuksesan, selain ditambah dengan upaya-upaya yang cerdas. Banyak orang yang dalam mengais rejekinya hanya berlandaskan kerja keras saja, sebagai konsekuensinya hasil yang mereka peroleh kurang maksimal. Banyak dari kita yang masih terikat dengan pola pikir bahwa kesuksesan hanya tergantung dari kerja keras kita saja. Banyak dari kita yang sudah membanting tulang akan tetapi hasil yang diperoleh tidak sebanding dengan energi atau upaya yang telah kita keluarkan. Sebagai ilustrasi, coba kita bandingkan profesi antara buruh pabrik dan seorang konsultan keuangan. Dua jenis profesi ini berbeda dalam hal bagaimana mereka melakukan pekerjaan masing-masing. Seorang buruh pabrik lebih banyak menggunakan tenaga fisik dan sedikit pikiran. Berbeda dengan sang konsultan keuangan, dia menggunakan sedikit tenaga fisik dan lebih banyak menyalurkan pikiran dalam menyelesaikan pekerjaannnya. Untuk rewardnya tentu saja sudah bisa ditebak, penghasilan konsultan keuangan lebih tinggi dari seorang buruh pabrik.

Kunci sukses ketiga adalah kerjasama. Kesuksesan dalam pekerjaan adalah merupakan untaian hasil keringat dari banyak pihak, selain diri kita sendiri. Lingkungan pekerjaan menyumbangkan kontribusi yang besar bagi kesuksesan kita. Kita tidak terlahir sendirian didunia ini termasuk beban untuk mengisi dunia ini. Banyak manfaat yang dapat diperoleh bila kita mempunyai jejaring/networking dalam pergaulan sosial. Tidak ada profil manusia sukses yang keberhasilannya hanya ditentukan peran dia sendiri dalam pekerjaannya. Kita bisa ambil contoh bisnis yang mendayagunakan manfaat kerjasama dalam jaringan sosial yaitu bisnis MLM (Multi Level Marketing). Tidak ada pebisnis sukses MLM yang hanya dia sendiri yang menjalankan bisnisnya tanpa dukungan dari para koleganya.

Dari karakteristik tokoh-tokoh yang dianggap sukses ternyata ada elemen-elemen dasar yang menjadikannya sebagai seorang yang sukses. Tiga elemen sukses tersebut adalah kerja keras, kerja cerdas dan kerjasama. Dan sebagai tambahan landasan selain dari ketiga elemen tersebut diatas, kerja kita harus berlandaskan rasa ihlas dalam menjalankannya. Semoga dengan menerapkan tiga elemen tersebut didalam kehidupan kita, dapat menunjang kesuksesan kita semua. Amin.

Komentar»

1. Anonim - Maret 16, 2009

aaa good


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: