jump to navigation

THR BUKAN UNTUK DIHABISKAN September 25, 2008

Posted by pengelolaan keuangan in Tips Keuangan.
trackback

Oleh: Safir Senduk

Anda atau suami dapat Tunjangan Hari Raya (THR) bulan ini? Kendati THR itu sebetulnya adalah hak, tetap saja harus disyukuri. Karena apa pun ini adalah bagian dari rezeki yang dilimpahkan pada kita.

Pertanyaannya sekarang, apa yang akan Anda lakukan dengan uang lebih tersebut? Belanja untuk keperluan Lebaran? Sudah pasti. Belanja makanan dan kue-kue, itu jelas. Belanja busana dan aksesori untuk Anda sendiri dan si kecil? Apalagi. Beli barang-barang elektronik yang sudah lama diinginkan suami? Bisa juga. Dari radio tape, sampai VCD Player, semua bisa dibeli. Pokoknya, apa yang ingin dibeli, dibeli saja.

Hati-hati. THR memang ibarat uang lebih. Ada yang bilang, rezeki nomplok. Dan sudah jadi kebiasaan banyak orang, bila ada rezeki lebih, ada kecenderungan pula untuk menghabiskannya. Apalagi kali ini ada alasan yang kuat, untuk menyambut Hari Raya. Kebutuhannya, kan, banyak… Saking banyaknya, semua hal bisa saja jadi kebutuhan di Hari Raya.

Kalau bicara tentang butuh, saya ingatkan Anda. Sebelum belanja kebutuhan Hari Raya, ada dua pos yang saya sarankan agar Anda prioritaskan dulu pembayarannya begitu Anda dapat THR. Karena dengan demikian, Anda dapat memperbaiki situasi keuangan Anda di masa mendatang. Ini dia:

1.Cicilan Hutang Anda punya hutang? Kenapa Anda tidak menggunakan
THR Anda untuk juga membayar sebagian dari hutang-hutang Anda? Jangan melulu memakai THR untuk belanja. Dengan menyisihkan sebagian untuk membayar hutang, maka jangka waktu pengembalian hutang Anda makin cepat selesai. Selain itu, kredibilitas Anda di mata lembaga kredit
juga akan menjadi lebih baik.

Sekarang coba ingat-ingat, hutang apa yang belum semua Anda lunasi? Hutang panci ke tukang kredit? Hutang uang ke teman? Atau hutang Kartu Kredit? Kalau ada yang bisa Anda lunasi, lunasi saja. Kalau
Anda cuma bisa menambah sedikit cicilan pengembalian hutang Anda, lakukan saja. Tambahan pengembalian cicilan yang hanya sedikit tetap akan sangat berpengaruh terhadap lebih cepatnya saldo hutang Anda habis. Jadi kalau Anda bisa melakukannya, kenapa tidak?

2. Menabung
Kalau orang tertarik untuk menghabiskan THR-nya dengan berbelanja, kenapa Anda tidak menggunakannya dulu sebagian untuk ditabungkan? Ditabung kemana? Ya macam-macam bu. Bisa ke tabungan di bank, masuk ke deposito, atau… beli koin emas. Lumayan lho, manfaat koin emas itu. Selain bagus untuk investasi, koin emas juga enak dipandang. Saya saja menyukasinya.

Menabung memang bisa dilakukan untuk berbagai macam tujuan. Betul sih, bahwa manfaat menabung baru bisa dinikmati nanti, bukan sekarang. Tapi daripada menghabiskan semua THR Anda untuk keperluan sekarang, kenapa Anda tidak membaginya? Sebagian untuk keperluan sekarang, dan sebagian lagi untuk keperluan nanti, yaitu dengan cara menabungkannya.

Nah, kalau kedua hal itu sudah Anda lakukan, barulah sekarang Anda bisa
menghabiskan sisa uang THR Anda untuk keperluan belanja lebaran. Sekali lagi, belanja Lebaran penting. Tapi jangan lupakan juga dua hal penting lainnya, yaitu membayar hutang-hutang Anda dan menabung untuk masa depan. Gampang, kan?

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: