jump to navigation

KEKUATAN PENGGANDA SEMANGGI BERDAUN EMPAT November 16, 2008

Posted by pengelolaan keuangan in Tips Keuangan.
trackback

Bagi rekan-rekan yang sedang berencana memulai bisnis atau baru memulai bisnis sendiri, ada sebuah konsep pengganda pendapatan yang mungkin perlu anda ketahui, yaitu tentang konsep pengganda semanggi berdaun empat (PSBE). Kebanyakan orang mengira bahwa kalau mereka melakukan kegiatan usaha/wiraswasta, besarnya pendapatan hanya diperoleh dari memperbesar volume transaksi penjualan. Tidak salah sih….. namun ada sebuah konsep pemikiran yang mungkin bisa memperluas wawasan kita dalam berbisnis. Bahwa ternyata untuk memperbesar pendapatan tersebut dapat ditempuh dengan cara lain selain hanya mengejar pertumbuhan volume transaksi.

Jadi kembali ke nama semanggi, seperti namanya dimana setiap tangkai tanaman ini terdiri empat helai daun yang sama besarnya. Kalau boleh diibaratkan tujuan dari kegiatan bisnis adalah memperbesar pendapatan, kontribusi pendapatan tersebut bersumber terdiri dari empat elemen pokok, yaitu jumlah pelanggan (n), tingkat konversi (r), jumlah transaksi (t) dan nominal uang per transaksi (v). Dari rumusan diatas dapat diformulasikan total pendapatan adalah (n x r x t x v).

Agar memudahkan pemahaman konsep PSBE mari kita buat contoh konkritnya. Anda mempunyai usaha toko butik. Butik anda tersebut selama satu tahun telah dikunjungi oleh 1.000 orang (n = 1.000). Dari 1.000 tamu pelanggan tersebut hanya 250 orang benar2 membeli baju di butik anda (r = 25 %). Ternyata dari 250 pelanggan tersebut selama setahun rata2 kunjungan dan membeli ke butik anda sebanyak dua kali (t = 2). Dan dari setiap kunjungan pembelian masing-masing pelanggan tersebut rata2 membelanjakan Rp. 100.000 (v = 100.000)

Jadi jumlah pendapatan toko butik anda adalah :

1. 000 x 25 % x 2 x Rp 100.000 = Rp 50.000.000

Jadi total pendapatan toko butik selama satu tahun adalah Rp 50.000.000.

Okelah, kemudian pada tahun berikutnya anda tidak mau ngoyo kerja hanya berencana menetapkan angka pertumbuhan butik anda hanya sebanyak 10 % saja untuk masing masing elemen PSBE. Mari kita hitung kembali berapa angka pertumbuhan pendapatan toko butik anda dengan angka pertumbuhan 10 % dari masing2 elemen :

n = 1100 orang

r = 27,5 %

t = 2,2

v = Rp. 110.000

Dari masing2 komponen tersebut mari kita hitung berapa total pendapatan toko butik anda :

110.000 x 27,7 % x 2,2 x Rp. 110.000 = Rp 73.205.000

Atau ada peningkatan omset toko butik anda sebanyak Rp 23.205.000

Kalau kita konversikan angka pertumbuhan tersebut diatas menjadi angka prosentase ternyata angka pertumbuhan pendapatan toko butik anda adalah 46,41 % …….WOW.

Ternyata hanya dengan menetapkan pertumbuhan masing2 komponen hanya dengan 10 % mengakibatkan total pendapatan toko anda meningkat menjadi 46 %.

Konsep pengganda semanggi berdaun empat seperti dikemukakan diatas dapat anda terapkan diberbagai sektor usaha untuk memperbesar pendapatan usaha anda. Semoga sukses.

(sumber : Make Million Marketing)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: