jump to navigation

MENDULANG RUPIAH DARI BISNIS HOBI ANDA November 26, 2008

Posted by pengelolaan keuangan in Tips Keuangan.
trackback

Booming Tanaman Hias

anthuriumBeberapa waktu lalu masyarakat dibuat terheran heran dengan kegilaan masyarakat akan harga tanaman Anthurium yang luar biasa tinggi. Tidak saja masyarakat awam yang dibuat keheranan akan harga tanaman tersebut yang fantastis, namun juga aparat keamanan juga dibuat repot. Kenapa ? …….. ternyata banyak pelaku kriminal beralih target mencari sasaran tanaman sebagai obyek kejahatan mereka.

Fenomena Anthurium sebagai booming hobi peliharaan mahal tidak hanya terjadi sekali ini, sebelumnya masyarakat pernah pula dihebohkan dengan demam ikan arawana, ikan lou han, tanaman aglaonema dsb.

Fenomena diatas menunjukkan bahwa masyarakat kita secara ekonomi banyak yang berkemampuan lebih meskipun populasinya tidak besar. Belajar dari demam anthurium dapat kita simak bahwa dari permintaan akan jenis anthurium yang luar biasa besar dapat sebagai penggerak ekonomi masyarakat setempat, contohnya di Kabupaten Karanganyar – Jawa Tengah. Disana banyak lahir orang-orang kaya baru dari hasil budidaya anthurium. Rumah-rumah warga banyak disulap dari rumah kayu reyot menjadi rumah tembok atau rumah satu lantai menjadi rumah bertingkat. Rumah dengan mobil-mobil baru dihalamannya juga banyak ditemui disana. Jadi sebenarnya bisnis hobi bukanlah bisnis ecek ecek kalau serius digarap, dan akan mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Tips bisnis hobi

Namun perlu disadari bahwa masyarakat konsumen penghobi tanaman/hewan mahal adalah tidak banyak jumlahnya namun budget yang disediakan oleh mereka adalah luar biasa besar. Jadi bila anda berminat berbisni hobi sebagai pendulang uang, ada beberapa tips yang perlu diketahui agar anda tidak bangkrut karenanya :

  • Menjadi anggota komunitas penghobi

Komunitas penghobi tertentu dapat diibaratkan adalah sebuah pasar, dimana ditempat tersebut adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Kalau anda menjadi member suatu komunitas berarti anda memasuki pasar yang ramai dan dinamis. Disana banyak manfaat yang dapat kita peroleh, banyak informasi dapat kita gali disana. Dengan semakin berkembangnya dunia maya, tumbuh berkembang berbagai komunitas penghobi baik tanaman atau hewan, permainan/games dsb. Ada komunitas penghobi ikan koi, ikan cupang, tanaman anthurium dlsb. Dengan bergabung sebagai anggota komunitas tersebut kita mendapat banyak manfaat terutama informasi tentang :

    1. Budidaya/pemeliharaan
    2. Tips yang bermanfaat
    3. Informasi tentang pemasaran (penjual dan pembeli)
    4. Jaringan pemasaran
    5. Tren yang akan datang
  • Cepat tanggap akan trend baru

Dari pengalaman terdahulu, kita dapat belajar bahwa trend hobi umumnya hanya bertahan sesaat dan kemudian digantikan dengan trend berikutnya. Jadi bilamana anda hendak terjun ke bisnis hobi adalah harus bisa melakukan kegiatan usaha baik produksi dan pemasaran dengan cepat, tahu timing produk mana akan booming dan produk mana yang akan surut. Semisal anda hendak berbisnis tanaman hias/produksi, pengetahuan tentang kultur jaringan adalah salah satu keunggulan atau solusi bagi anda agar bisa melakukan produksi secara masal dan cepat.

  • Sediakan extra modal untuk trend berikutnya

Hasil penjualan yang anda peroleh harus disisihkan untuk modal mengantisipasi berubahnya trend, misal menyiapkan indukan, benih tanaman/hewan, sarana produksi yang diperkiraan akan menjadi trend berikutnya. Jadi bilamana trend yang sekarang sudah surut dan diganti trend yang lainnya, anda sudah siap menawarkan produk baru ke pasar.

  • Sediakan tempat jualan / toko

Tempat jualan tidak perlu harus dalam bentuk toko konvensional namun bisa juga dalam bentuk toko virtual di dunia maya. Dengan berjualan di internet maka anda dapat menghemat biaya, karena biaya yang dikeluarkan hanya biaya sewa domain, hosting dan biaya pemasaran. Keuntungan lainnya adalah jangkauan pemasaran akan menjadi luas tidak seperti halnya di toko konvensional.

Potensi bisnis di dunia hobi baik tanaman ataupun hewan adalah sangat besar. Dengan karakteristik bahwa bisnis hobi adalah pada awalnya barang yang ditawarkan adalah barang ekslusif dengan jumlah supply yang sedikit, namun karena margin keuntungannya besar maka segera datang banyak pemain menawarkan produk yang lagi in tsb, sehingga akan segera cepat terjadi kejenuhan dan harga jualnya akan cepat turun. Bagaimanapun usaha pada sektor hobi dapat mendatangkan peluang sebagai pengais rejeki yang tidak kecil. Kunci kesuksesan dalam bisnis ini sangat tergantung pada kecermatan dan kecepatan anda dalam merespon pasar trend tersebut termasuk menyiapkan jaringan pemasaran yang baik. <*>

Komentar»

1. dhawi1986 - Desember 2, 2008

PERTAMAX…

2. Hengky - Maret 21, 2009

hallo teman . apa kabar dan saya melihatnya sungguh tertarik dan pingin tahu ! kapan mulai di psrkan dan harga tersebut sekiranya bisa sampai berapa ? dan sampai saat nini ada penemuan yang baru ngak ?

Jwb:
Fenomena ini kalo mnrt Rhenald Kasali di Majalah Trubus adalah fenomena Pop Marketing. Jd hrg brg tsb bisa naik dan turun cepat sesuai dg trend sesaat. Kejadian ini bahkan dunia international melihat fenomena trend tanaman (anthurium) di Indonesia beberapa wkt ll adalah sebuah anomali. Jadi hati2 dg kalo mau bisnis tanaman atw apapun jenisnya hrs liat “entry barrier” pesaing baru, semakin mudah mk produk akan segera booming dan hrg jatuh.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: