jump to navigation

Risk Tolerance Simple Quiz Januari 26, 2009

Posted by pengelolaan keuangan in Tips Keuangan.
trackback

Hidup yang kita jalani dan pilihan investasi pada dasarnya tidak jauh berbeda, karena kedua hal ini yakni pilihan hidup dan investasi tidak pernah lepas dari resiko. rodeoSetiap pilihan keputusan selalu meminta konsekuensi antara keuntungan dan kerugian. Dalam skope yang sempit dalam dunia investasi, anda diharuskan membuat suatu analisa profil toleransi resiko. Pemetaan profil toleransi resiko ini penting, karena kita tidak mungkin bermain dalam area dimana tidak kita merasa nyaman disana.

Untuk lebih jelasnya risk tolerance adalah sebuah pengukuran dimana seseorang mau menerima resiko investasi sebagai imbalan atas keuntungan potensial. Pada dasarnya ada beberapa jenis investor: konservatif, moderat dan agresif. Seorang investor konservatif akan lebih cenderung menghindari instrumen investasi yang beresiko dan demikian sebaliknya untuk investor agresif yang lebih menyenangi instrumen beresiko. Berikut ini adalah sebuah quiz sederhana yang dapat digunakan untuk mengukur seberapa besar “nyali” anda dalam mengambil keputusan investasi.

  1. Saya berencana akan menggunakan uang saya untuk berinvestasi :
    1. Dalam waktu 6 bulan kedepan
    2. Dalam waktu 3 tahun kedepan
    3. Antara 3 sampai 6 tahun kedepan
    4. Tidak kurang dari 7 tahun kedepan
  2. Proporsi inves-tasi saya dibandingkan total aset (tidak termasuk rumah)
    1. Lebih dari 75 %
    2. Antara 50 – 75 %
    3. Antara 25 – 50 %
    4. Kurang dari 25 %
  3. Saya berharap penghasilan saya dikemudian hari akan
    1. Menurun
    2. Tetap sama atau tumbuh perlahan
    3. Tumbuh lebih tinggi dari nilai inflasi
    4. Tumbuh secepatnya
  4. Saya mempunyai tabungan untuk hal2 yang bersifat darurat (emergency saving)
    1. Tidak
    2. Tdk komentar
    3. Ya, tetapi nominalnya masih dibawah dari yang diharapkan
    4. Ya
  5. Sebagai imba-ngan atas kesempatan melipatgandakan uang, saya ingin resiko investasi saya sebesar
    1. 0%
    2. 50%
    3. 25%
    4. 10%
  6. Saya sudah berinvestasi dalam saham dan reksadana
    1. Tidak, dan tidak berencana untuk investasi dalam bentuk ini
    2. Ya, tetapi saya tidak merasa nyaman
    3. Tidak, tetapi saya ingin melakukannya
    4. Ya, dan saya merasa nyaman dengan investasi bentuk ini
  7. Tujuan utama investasi saya adalah
    1. Mempertahankan nilai investasi
    2. Mengembangkan nilai investasi dan Menerima pendapatan
    3. Lebih tinggi dari nilai investasi dan menerima pendapatan
    4. Tumbuh dengan cepat, pendapatan bukan tujuan utama saya

Cara Skoring :

Untuk skoring jawaban anda untuk setiap nomer pertanyaan diatas:

a nilainya 1

b nilainya 2

c nilainya 3

d nilainya 4

Jumlahkan skor dari ketujuh pertanyaan diatas. Berdasarkan total skor anda akan tahu tentang klasifikasi anda sebagai investor yang mana.

1. Very Agressive investor : skor 30 atau lebih

2. Agressive investor : skor antara 25 – 29 points

3. Above average investor : skor antara 20 – 24 points

4. Moderate investor : skor antara 15 – 19 points

5. Conservative investor : skor kurang dari 15

Selamat mencoba.

Sumber: Securities Industry Association (2000)

Komentar»

1. Dedhy Kasamuddin - Januari 26, 2009

Assalamu alaikum mas, trima kasih udah mampir di blog aku yah, dan salam kenal mas dari aku http://bendeddy.wordpress.com

2. jokky - Januari 29, 2009

well..rupanya saya bukan investor ulung hiks..saya masih takut rugi. Wajar kan..duit cuman terbatas kalo rugi mo cari dimana? sayangnya gak ada investor yg gak rugi hiks!


Tinggalkan Balasan

