jump to navigation

Akankah US Dollar Diganti Dengan SDR’s Maret 28, 2009

Posted by pengelolaan keuangan in Fenomena Keuangan.
trackback

Krisis finansial global yang belum menunjukkan tanda mereda, bahkan semakin banyak jatuh korban baik perorangan ataupun lembaga keuangan, terakhir adalah kasus AIG yang mendapatkan bail out dari pemerintah AS namun masih “tega” memberikan bonus kepada jajaran direksinya yang akhirnya membuat marah masyarakat AS – termasuk presiden AS sendiri. Karena segala upaya yang telah dilakukan oleh banyak negara dalam meredam gejolak krisis belum juga memperlihatkan dampaknya, belum lama ini pemerintah China dan Rusia mencetuskan ide untuk membuat mata uang baru yang akan berfungsi sebagai pengganti USD. Ide ini akan mereka kemukakan di pertemuan G-20 di London. Usulan ini tentu saja sebuah tantangan terhadap dominasi US Dollar sebagai mata uang internasional.

Salah satu alasan China mengusulkan ide penggantian mata uang Dollar – sebagai mata uang internasional adalah karena bank sentral China merasa kebakaran jenggot setelah bank sentral ini mendivesifikasi depositnya kedalam saham AS, dan tidak lama kemudian terjadilah krisis keuangan global. Selain itu adanya ketakutan akan terjadinya kenaikan inflasi di AS dikarenakan bank sentral AS (the Fed) akan melakukan operasi pasar dengan membeli kembali (buy back) $300 milyar obligasi jangka panjang, dalam rangka menstimulasi ekonomi AS.

Dari pengalaman yang lalu, dimana kebijakan moneter yang dipakai oleh Jepang, Inggris dan Swiss dengan mengucurkan dana langsung ke masyarakat akan berakibat kepada tingkat inflasi yang meninggi. Dari pengalaman tersebut, membuat takut para pemegang US dollar bakalan merugi karena nilai USD akan “menggelosor”. Meskipun otoritas moneter AS sendiri mengatakan bahwa mereka akan tetap berupaya mempertahankan nilai mata uangnya, namun para pelaku pasar juga masih ragu akan efektivitas kebijakan kontrol tersebut.

Mata uang yang diunggulkan untuk menggantikan peran US dollar adalah IMF’s Special Drawing Rights (SDRs). Mata uang ini diterbitkan pada tahun 60 an, dimana nilai SDR ini berdasarkan komposisi nilai dari empat mata uang utama dunia – US Dollar, Yen, Euro dan Poundsterling. Pemerintah China juga sedang melobi agar selain keempat mata uang tersebut juga memasukkan mata uang utama lainnya termasuk Yuan China. Bila ide ini diterima berarti China dan pemerintah lainnya dapat menukarkan US Dollar yang mereka pegang ke SDR, dan efek selanjutnya akan menggairahkan kembali perdagangan dunia dan menciptakan aset baru dalam denominasi SDR.

Sebenarnya peranan US Dollar dalam perdagangan dunia adalah sebuah keuntungan bagi pemerintah AS, karena banyak negara yang sangat tergantung kepada dana cadangan dollar mereka untuk membiayai transaksi ekspor – impor mereka, yang akhirnya mendorong bank sentral negara2 tersebut untuk menyimpan cadangan devisanya dalam dollar. Menurut data dari IMF, US dollar memegang peranan 64 % dari cadangan devisa negara2 dunia.

Pada saat dollar ini kembali ke AS karena iklim bisnis AS yang membaik, maka masyarakat Amerika sangat diuntungkan karena cash inflow ini karena akan menekan biaya bunga domestik. Sehingga peluang ini akan ditangkap para pelaku bisnis dengan memanfaatkan kredit-kredit pembiayaan berbunga murah. Namun dampak dari pemberian kredit pembiayaan yang tidak terkontrol ini berakibat kepada krisis keuangan global seperti saat ini. Akibat dari krisis global ini mengakibatkan banyak negara mengalami defisit karena harus memberikan subsidi atau dana talangan sehingga kondisi ini akan menekan cadangan devisa termasuk juga melemahnya permintaan akan dollar.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: