jump to navigation

Kartu Uang Perjalanan Pra-bayar Mei 17, 2009

Posted by pengelolaan keuangan in Istilah Keuangan.
trackback

Kartu pembayaran untuk bepergian ini istilah asingnya prepaid travel money cards memang masih terdengar asing visa travelmoney cardditelinga kebanyakan orang. Kartu pembayaran ini menambah opsi pilihan bagi orang yang senang bepergian. Selama ini bilamana seseorang melakukan perjalanan terutama keluar negeri, maka kebiasaannya adalah membawa valuta asing ataupun traveler cheques sebagai bekal selama perjalanan. Namun alat pembayaran yang biasanya dipergunakan ini seringkali tidak convenience selain berisiko dari sisi keamanan. Kartu uang perjalanan pra-bayar ini diluar negeri berkembang cepat menggantikan valuta asing dan traveler cheques bagi orang-orang yang hendak melakukan perjalanan.

Kartu prepaid perjalanan ini memberikan kemudahan dengan adanya fasilitas pengisian sejumlah nilai uang yang diinginkan kedalam akun kartu, meskipun masih adanya pembatasan pengisian minimum dan maksimum tergantung perusahaan yang mengeluarkan kartu. Dengan menggunakan kartu ini, anda dapat mempergunakannya untuk menarik uang dari ATM atau melakukan pembayaran atas barang yang dibeli.

Dengan segala kemudahannya, bagi pemegang kartu tidak perlu membawa uang cash bila hendak melakukan perjalanan. Setiap kartu disertai dengan PIN sebagai alat keamanan dalam pembayaran transaksi. Bila pemegang kartu kehilangan kartu perjalanan pra-bayar ini dapat menghubungi pihak customer support, kemudian customer support akan melakukan blokir atas kartu tersebut sehingga deposit uang yang ada di akun kartu tidak hilang. Deposit uang yang ada dalam akun kartu dibuat terpisah dengan akun dibank sehingga mengurangi resiko pembobolan kartu seperti halnya pada kartu kredit. Kartu uang perjalanan pra-bayar ini menghindarkan penggunanya akan resiko adanya tagihan yang tidak diharapkan atas kekurangan deposit untuk pembayaranan transaksi yang ditalangi terlebih dahulu oleh pihak penerbit kartu. (overdraft) karena pemegangnya dapat melakukan kontrol atas limit maksimum yang dikehendaki. Bagaimana bila deposit dalam rekening sudah habis ? pemegangnya dapat mengisi ulang dengan menggunakan pengisian cash, transfer bank, kartu debit dan kartu kredit, telephone ataupun internet banking. Seperti halnya dengan kartu kredit, kartu ini juga dapat memberikan informasi mengenai transaksi yang telah dilakukan dan sisa deposit yang masih ada dalam rekening sehingga pemegang kartu ini dapat melakukan pengaturan anggaran dengan lebih bijaksana.

Karu ini sudah diterima untuk proses pembayaran transaski secara global. Dua perusahaan penerbit kartu kredit seperti Visa dan Mastercard juga sudah menawarkan kartu perjalanan pra-bayar ini. Bahkan Mastercard agar fokus dalam mengelola kartu perjalanan pra-bayar ini rela meninggalkan pasar travelers cheque sehingga sekarang penerbit travelers cheque hanya dari Visa. Meskipun ditawarkan banyak kemudahan dengan menggunakan kartu perjalanan pra bayar ini namun untuk beberapa transaski masih belum dapat dipergunakan, misalnya untuk pemesanan kamar hotel atau pemesanan mobil sewaan, sehingga pemegangnya masih harus tetap membawa kartu kreditnya untuk berjaga-jaga.

Untuk konversi denominasi mata uang masih terbatas hanya dalam bentuk dolar ataupun euro saja, belum semua mata dapat dikonversikan. Namun meskipun hanya dalam dua bentuk mata uang saja, cakupan transaksi keuangan dolar dan euro ini dapat dibilang dapat diterima hampir disemua belahan dunia. Jadi pemegang kartu perjalanan pra-bayar ini dapat mengisi depositnya dengan euro bila hendak bepergian ke wilayah Eropa atau dalam denominasi dolar bila hendak bepergian ke AS atau wilayah lain yang menerima mata uang dolar.

— 000 —-

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: