jump to navigation

Berinvestasi dengan Belajar Bahasa Asing Mei 24, 2009

Posted by pengelolaan keuangan in Tips Keuangan.
trackback

KOMPAS.com – Mencari pekerjaan bukan perkara mudah. Beribu-ribu mahasiswa yang baru lulus berlomba-lomba mencari pekerjaan. Tak jarang memiliki ijazah dari luar negeri yang selalu dinilai lebih baik oleh para pencari kerja. Nah, supaya jangan kalah dengan mereka yang memiliki pendidikan tinggi, tingkatkan potensi diri Anda dengan memperkaya diri lewat belajar bahasa asing, tentunya selain bahasa Inggris yang sudah menjadi bahasa kedua di dunia kerja.

Berikut adalah tempat-tempat yang sekiranya akan membuka lapangan kerja bagi mereka yang memiliki keahlian berbahasa asing lain:

Industri Kesehatan
Industri kesehatan di berbagai negara semakin berkembang. Contohnya Singapura, yang menjadi lokasi tujuan untuk kesehatan. Baru-baru ini Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo juga menyatakan rencananya menjadi rumah sakit terlengkap di Asia dan dunia. Nah, dengan perkembangan ini, rumah sakit akan banyak membutuhkan orang-orang yang bisa berbahasa asing agar bisa berkomunikasi dengan pasien-pasien dari negara asing. Anda tak akan pernah tahu, siapa yang akan datang melalui pintu rumah sakit bertaraf internasional.
Pekerjaan: Suster terdaftar, paramedis, asisten dokter, administrasi kesehatan.

Industri Hospitality
Spa, resort, dan hotel membantu para tamunya untuk menikmati waktu berlibur dan membuat mereka bak raja dan ratu. Makin berkembangnya turisme Bali dengan dinobatkannya Bali sebagai destinasi spa terbaik di dunia ini, membuat makin banyak orang dengan kemampuan berbahasa asing diperlukan. Tentunya untuk dapat berkomunikasi dengan para tamu yang datang dari berbagai penjuru dunia.
Pekerjaan: Concierge, manajer resort, manajer hotel, penerima tamu, pramuwisma.

Industri Pendidikan
Salah satu aspek dari berkembangnya globalisasi adalah makin banyaknya orang asing yang menetap di suatu negara. Dengan menetapnya mereka, berikut keluarganya, makin banyak pula anak-anak yang membutuhkan sekolah bertaraf internasional. Di sekolah-sekolah internasional ini, akan dibutuhkan para tenaga yang bisa berbahasa asing untuk menghubungkan sekolah, anak, dan orangtua.
Pekerjaan: Tenaga pengajar, konselor, instruktur, administrasi.

Industri Penegak Hukum
Salah satu pekerjaan dari para penegak hukum adalah untuk mewawancarai tersangka atau pun mencari kebenaran. Jika Anda pernah menyaksikan film serial CSI, mungkin Anda sudah bisa membayangkan, betapa kejahatan bisa terjadi kapan saja, di mana saja. Entah itu untuk mencari tahu kebenaran atau untuk mengerti apa yang terjadi dalam sebuah konflik, akan dibutuhkan orang yang bisa berbahasa asing. Ini juga berlaku di dunia perhubungan, misalnya penyelundupan oleh warga negara asing yang butuh pengacara, dan lainnya.
Pekerjaan: Petugas polisi, penyelidik, penerjemah untuk tersangka kriminal dengan kewarganegaraan asing, petugas bea cukai, dan lainnya.

Industri Customer Service
Setiap aspek customer service adalah berhubungan dengan orang lain. Tergantung dari tempat Anda bekerja, Anda mungkin akan bertemu pengunjung atau tamu yang datang dari berbagai latar belakang, dan bisa jadi tidak mampu berbahasa Inggris. Dengan keahlian Anda mampu berbahasa asing, akan meningkatkan kemungkinan Anda diterima di dunia customer service, karena ini berarti Anda mampu menjaring dan melayani banyak pihak.
Pekerjaan: Petugas sales, petugas demo, supervisor toko ritel, spesialis komputer, customer service representative.

Industri Keuangan
Uang tak selalu diam dalam satu benua, jadi di dunia keuangan, entah Anda adalah seorang teller bank, atau CEO sebuah bank peluang berjangka, Anda akan berurusan dengan euro, yen, baht, dan lainnya, termasuk bahasa yang datang bersamanya.
Pekerjaan: Teller, penasihat keuangan, bankir investasi, akuntan.

Industri Komunikasi
Bekerja di bidang media, menulis untuk publikasi, ataupun berbicara di depan orang, membutuhkan keahlian dalam memainkan kata. Semakin banyak yang Anda ketahui dalam berbahasa dan berucap, makin banyak yang bisa Anda kerjakan bersama berbagai pihak. Entah itu memudahkan Anda berbicara dengan reporter dari negara lain, atau mewawancarai orang untuk mencari berita, mampu berbahasa asing dengan lancar membuat pekerjaan Anda lebih mudah dan membuat nilai Anda lebih berharga.
Pekerjaan: Penerjemah, public relations, jurnalis, media relations officer.

Komentar»

1. ekosulistio - Agustus 12, 2009

makasih infonya,…. sangat membantu,.. tak tunggu kunjungan baliknya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: