jump to navigation

Apakah anda percaya situs Facebook bernilai lebih dari 153 triliun Mei 31, 2009

Posted by pengelolaan keuangan in Fenomena Keuangan.
trackback


Suatu waktu ketika senggang saya buka situs pertemanan Facebook. Iseng-iseng saya isi nama seorang rekan yang telah lama sekali tidak jumpa. Teman saya itu bernama ‘Gesang’, sebuah nama jadoel yang mungkin sangat jarang kita Facebookdengar sekarang. Gesang ini bukan nama pak Gesang pengarang lagu “Bengawan Solo” lho, sobat ini adalah rekan saya sewaktu di sekolah dasar di sebuah kota di Jawa Tengah dahulu. Tak lama kemudian, eeh….nongol wajah seseorang yang agak asing namun ada seraut wajah yang saya masih agak ingat. Kalau tidak teliti bisa jadi saya tidak tahu kalau wajah tersebut adalah teman lama saya. Memang wajahnya hampir 95 % berubah dari memori terakhir mengenai wajahnya. Bagaimana tidak pangling, saya tidak bertemu dia sekitar 30 (tigapuluh) tahun yang lalu. Dahulu dia adalah masih seorang anak SD bercelana pendek dan suka main bola becek dilapangan sebelah sekolah, sekarang sudah berubah menjadi seorang wajah bapak dengan peliharaan jenggot didagunya. Saya geleng-geleng dengan kemampuan Facebook mempertemukan “sahabat-sahabat” lama para penggunanya.

Oleh karenanya tidak mengherankan situs pertemanan Facebook menjadi sebuah fenomena baru dalam dunia internet, selain cerita seputar kelahiran Yahoo dan Google. Dengan pertumbuhan yang luar biasa cepat, situs ini segera mendapatkan “tempat yang layak” dihati para pengguna dunia maya. Kalau kita lihat data statistik Facebook memang mencengangkan, menurut Press Room situs resminya, jumlah penggunanya sekarang berjumlah lebih dari 200 juta orang (mungkin sama dengan populasi pendduk Indonesia), dengan lebih dari 100 juta penggunanya log-on disitus ini setiap hari. Dan yang mengherankan adalah pertumbuhan pengguna yang berusia antara 35 tahun keatas adalah pengguna dengan tingkat pertumbuhan tertinggi. Biasanya situs pertemanan yang booming penggunanya adalah para youngsters, tapi situs ini berbeda. Jadi tidak mengherankan pengguna seperti saya yang mencari teman lama menempati pertumbuhan tertinggi. Oleh karena kehebatannya inilah maka nilai aset situs Facebook ini termasuk sebagai salah satu situs yang termahal. Berapa harganya ? benar-benar fantastis, menurut berita yang dilansir di situs MSN Money, nilai Facebook sudah menyentuh taksiran $ 15 milyar, atau kalau di konversikan rupiah kan di situs XE hasilnya lebih dari 153 triliun rupiah, rrruar biasa.

Sekarang situs Facebook membuat penemunya, Figur Mark Zuckerberg segera menempatkan dirinya masuk daftar sejarah sebagai sebagai orang terkaya dunia diusia paling muda – 23 tahun. Dia masuk dalam ranking 785 dalam daftar orang – orang terkaya dunia versi Forbes, mengalahkan kekayaan Oprah Winrey (jadi setiap waktu selalu ditemukan wealth creator baru). Segera saja setelah sukses, Facebook menerima pinangan dari beberapa koporasi besar dunia, termasuk Microsoft, untuk akuisisi. Deal akhir, Microsoft berhasil mendapatkan persetujuan menempatkan danaya dalam saham Facebook sebesar 1,6 % hanya dengan duit 240 juta dollar saja. Dengan kepemilikan saham minor ini maka Microsoft berhak untuk menempatkan iklannya disitus Facebook untuk penempatan iklan disitus Facebook dalam ataupun luar AS. Kalau disandingkan dengan Google bagaimana ? Wah Google kayaknya masih belum ada kemistri untuk saling jatuh cintrong. Nilai Facebook ibarat hanya small potatoes aja dibandingkan kapitalisasi Google.

Namun terlepas dari pertumbuhan yang luar biasa, beberapa analis bisnis masih skeptis tentang prospek bisnis Facebook dan pendapatnya sangat beragam. Menurut mereka prospek Facebook masih unprofitable, meskipun pendirinya – Mark Zuckerberg tetap optimis tentang pertumbuhan situsnya dengan pertumbuhan 70 % pertahunnya. Facebook masih belum urgent membutuhkan suntikan dana segar dan cash flownya baru positif di tahun 2010. Memang penilaian aset Facebook masih sulit ditaksir nilainya, sama halnya penilaian aset situs Google. Keduanya memang berbeda kutub, situs satunya bermain didunia pencarian dan yang lainnya bermain didunia pertemenan. Termasuk monetizing antara bisnis social networking dan searching mungkin tidak bisa disamakan. Jadi nilai situs Facebook yang konon nilainya diatas $ 15 milyar, atau diatas Rp. 153 T anda percaya ? jawabannya may be yes may be no ……wallahualam.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: