jump to navigation

Berlibur Yang Nyaman, Aman dan Terjangkau Juni 21, 2009

Posted by pengelolaan keuangan in Fenomena Keuangan.
trackback

Seperti biasanya saya berangkat pagi hari ke kantor di Ciawi  – Bogor, diperjalanan lalu lintas aman dan lancar saja seperti hari-hari yang lalu. Giliran sampai keluar tol puncak masih tidak pernah terbayangkan dan setelah sampai di Vacationpertigaan simpang Rawi, tiba-tiba ups…..antrian mobil sudah berderet  bagaikan ular karena menunggu traffic light. Wah…bagaimana nih padahal waktu yang tersisa untuk absen tinggal 15 menit lagi menjelang 07.30. Kalau sampai terlambat lumayan juga kena potong tunjangan.  Untung saja pas jari masuk di mesin absensi masih belum terlambat meskipun hanya tinggal 6 menit lagi. Nah itulah sepenggal kisah susah bila waktu liburan telah datang, area puncak dan sekitarnya menjadi macet dan menyulitkan mobilitas orang-orang disektarnya. Nah bagi anda yang ingin mengisi liburan baik sendirian ataupun bersama keluarga anda perlu   persiapan yang matang agar manfaat liburan dapat seoptimal mungkin dan dapat menyegarkan fisik dan mental kembali.

Bila hendak berlibur perlu dipersiapkan sebaik mungkin agar segalanya dapat berjalan sesuai dengan rencana. Masyarakat kita sekarang sudah mulai merasakan bahwa berlibur sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Kesadaran merencanakan liburan jauh hari sudah mulai terlihat di masyarakat. Orang-orang melakukan booking baik untuk penginapan maupun agen perjalanan jauh-jauh hari, bagi anda yang terlambat pesan tinggal gigit jari saja kehabisan tempat.

Nah supaya semua berjalan maksimal maka ada beberapat tips yang mungkin perlu anda pikirkan agar waktu dan biaya sebanding dengan manfaat yang anda peroleh sehabis liburan.

  • Tentukan tujuan liburan anda

Menentukan lokasi berlibur merupakan faktor pertama yang perlu diputuskan. Pertimbangkan lokasi wisata yang affordable dengan kemampuan anda. Perhitungkan pula alokasi waktu yang disediakan. Pertimbangkan proporsi jarak lokasi dengan alokasi waktu, jangan terlalu cepat ataupun terlalu lama. Kalau slot waktunya terlalu cepat VS jarak lokasi yang jauh maka hanya akan mendapatkan capek dan mahal, begitupun sebaliknya kalau terlalu lama tentu akan membosankan kecuali lokasi wisata tersebut menyimpan banyak obyek wisata yang wajib dikunjungi.

  • Tentukan budget anda

Berlibur adalah perlu namun jangan sampai mengorbankan anggaran untuk kebutuhan lainnya apalagi anggaran kebutuhan pokok atau rutin. Jangan sampai selesai liburan menjadi tekor dan harus kas bon kantor. Liburan tidak harus menyita anggaran yang besar, seringkali anak-anak yang diajak berlibur sebenarnya tidak menuntut tempat yang mahal. Adakalanya lokasi wisata dengan areal yang luas sudah cukup bagi mereka meskipun tiket masuknya adalah terjangkau bagi kebanyakan orang. Alangkah lebih baik lagi bahwa alokasi anggaran liburan adalah hasil penyisihan penghasilan jauh-jauh hari sehingga ringan.

  • Perisapkan akomodasi

Masyarakat kita sekarang sudah mulai bergeser dari menginap ditempat saudara ke hotel minded. Kalau dahulu bepergian diluar kota akan mencari rumah saudara, namun sekarang dengan alasan tidak mau merepotkan dsb maka mereka akan lebih senang memilih tinggal dihotel. Sehingga sekarang hotel-hotel domestik lebih banyak dipesan oleh orang lokal. Persiapkan pemesanan akomodasi setelah anda yakin mau bepergian di lokasi tempat berlibur. Dan harus diingat jangan memesan kamar hotel dalam jangka waktu yang mendesak karena pertimbangan resiko kehabisan tempat. Satu lagi pilihlah tempat akomodasi dengan pertimbangan antara biaya, fasilitas dan lokasi akomodasi yang terjangkau.

  • Perisapkan transportasi

Dalam melakukan perjalanan bisa ada dua pilihan yaitu membawa kendaraan sendiri dan menggunakan transportasi umum. Beberapa alasan orang membawa kendaraan sendiri adalah pertimbangan jarak dan cost efficient dengan ratio antara biaya BBM + maintenance dan penumpang yang reasonable. Bila hendak menggunakan transportasi umum, lakukan pemesanan jauh-jauh hari dan cari perbandingan biaya yang paling murah untuk sarana transportasi yang sama. Jangan lupa juga dengan kredibilitas perusahaan penyedia layanan transportasi, memang ongkosnya murah tapi si jago ngaret.

  • Buatlah persiapan sebelum keberangkatan

Masih inget dengan film ”Home Alone”, seorang anak bisa tertinggal karena lupa dibawa oleh keluarganya. Bisa jadi kalau liburan tanpa persiapan akan banyak barang yang akan tertinggal, bisa ketinggalan kamera, tiket ataupun bahkan dompet, wah bisa gaswat. Buatlah daftar/list barang-barang yang akan dibawa. Seringkali barang bawaan ini tidak semuanya seketika kita ingat. Jauh hari sebelumnya bila ingat ingin membawa suatu barang langsung saja dicatat didaftar tersebut, biar tidak lupa pada hari H untuk dibawa. Persiapkan membawa barang yang mungkin nanti diperlukan bisa peta lokasi tempat wisata dan hotel menginap hingga obat nyamuk ataupun obat untuk keperluan darurat.

Nah semoga tips diatas dapat membantu anda untuk memperisiapkan liburan anda agar maksimal, sehingga setelah kembali berlibur tubuh sudah di recharge kembali.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: