jump to navigation

Bercerai Menurunkan Credit Score Anda Juli 12, 2009

Posted by pengelolaan keuangan in Tips Keuangan.
trackback

Bercerai memang bukanlah impian dari berumah tangga, namun apabila langkah “terakhir” ini harus diambil maka ceraisalah satu dampaknya adalah penilaian kemampuan kredit (kredit skor) anda akan turun. Berbagai perusahaan, misalnya : bank, leasing, persewaan, developer perumahan akan menilai kredibilitas dan kemampuan pembiayaan anda termasuk jaminan dari pasangan yang menerima fasilitas layanan tersebut. Bank ataupun perusahaan leasing akan merasa lebih aman bilamana si nasabah penerima kredit pinjaman ditanggung berdua bersama pasangannya, karena bilamana terjadi sesuatu hal maka masih ada ahli waris (pasangannya) yang dapat meneruskan tanggung jawab selanjutnya.

Oleh karena itu bagi pasangan yang masih dalam proses perceraian berdampak merugikan dalam konteks keuangan pribadi, dalam hal ini adalah turunnya skor kredit. Skor kredit ini mempunyai pengaruh dalam proses negosiasi lembaga keuangan untuk mendapatkan fasilitas keuangan/pembiayaan. Bilamana hubungan pasutri tidak dapat dipertahankan lagi maka ada beberapa saran yang dapat diambil untuk memperbaiki kredit skor tersebut:

• Tutup rekening bersama Sebagai pasangan pasutri seringkali mempunyai joint account untuk keperluan pembiayaan bersama. Namun setelah resmi berpisah alangkah baiknya rekening tersebut ikut ditutup untuk mengurangi resiko penyalahgunaan

• Perbaharui nama akun/rekening yang masih menggunakan nama suami/pasangan Ada kalanya pendaftaran rekening tersebut masih memakai ”marga” pasangannya. Alangkah lebih baik dilakukan penyesuaian dengan menghilangkan nama mantan pasangannya, sehingga clear siapa pemilik terakhir dari rekening tersebut.

• Cek Sistim Informasi Debitur (SID) melalui bank anda Sistim Informasi Debitur memang tidak bisa diakses untuk umum, namun anda bisa meminta bantuan bank anda untuk mengecek apakah rekening bersama mantan pasangan anda masih menyisakan tunggakan yang harus diselesaikan. Bilamana masih ada bad record yang tidak diselesaikan maka nama anda akan ikut terpengaruh.

• Buka rekening baru dengan menggunakan nama pribadi anda Tutup lembaran lama dan buka kembali lembaran yang baru. Tutup rekening lama dan buka rekening baru atas nama sendiri karena kita masih perlu berhubungan dengan lembaga pembiyaan maka perlu kita mempunyai rekening atas nama sendiri.

• Bangun catatan baru dengan disiplin Setelah mempunyai rekening sendiri mulailah bangun kredibilitas dengan melunasi tanggung jawab dengan disiplin.

Bercerai tidak akan membuat dunia kiamat, termasuk dalam masalah keuangan. Mulailah beranjak bangun dan segera bangun kredibilitas diri yang bagus agar lembaga keuangan senantiasa dekat dengan kita.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: