jump to navigation

Say No to Scam Agustus 9, 2009

Posted by pengelolaan keuangan in Tips Keuangan.
trackback

Saat ini tawaran investasi di situs bisnis 5 milyar sedang menjadi hot issue dimasyarakat, termasuk salah satu media televisi swasta menampilkan liputan mengenainya. Pada tayangan liputan tersebut ditampilkan wawancara dengan “investor” yang berhasil mendapatkan return investasinya. Namun, beberapa tokoh/pengamat masalah perencana keuangan pribadi semisal, Aidil Akbar sudah wanti-wanti agar waspada dengan model tawaran semacam ini. Karena bisa jadi sejarah lama akan terulang kembali. Ingat kasus YAKM, QSAR, Pro best dsb, semua kisah tersebut berakhir dengan digondolnya uang para nasabah (korban).

Sebenarnya di internet masih banyak situs scam yang berkedok investasi. Memang agak susah memberikan batasan bagi orang awam bahwa situs yang diikutinya adalah tawaran investasi palsu. Disitus-situs investasi tersebut memang tidak mengakui bahwa sistem yang mereka lakukan adalah money game. Mereka berkilah bahwa nasabah akan memperoleh produk yang konon nilainya lebih besar dibandingkan nilai investasinya. kasus situs bisnis 5 milyar ini belum ter blow up, kalau kita input keyword di google masih menampilkan informasi yang normal-normal saja belum ada orang yang komplain atau warning dari pihak yang berwenang. Namun tidak ada salahnya harus berhati-hati dengan situs ini dan semacamnya. Bukan mau mengiklanklan situs scam ini namun dari TKP bisa kita bahas beberapa hal.

Situs ini memberikan sebuah mimpi bagi pengunjung yang tidak mempunyai pemahaman tentang proses investasi yang sehat. Gambaran singkat sistem dan cara kerja untuk memperoleh duit 5 milyar caranya dengan melakukan investasi maka investor akan mendapatkan produk berupa beberapa e-book dan aplikasi internet. Untuk mendapatkan uang 5 milyar ………….?. Investor musti mau cari korban berikutnya untuk menjadi downlinenya. Cerdik juga pengelola situs ini karena yang bakal menjadi korban akan sangat banyak namun yang akan komplain “mungkin” tidak terlalu banyak karena nilai penyertaannya relatif terjangkau.

Sebagai persyaratan awal untuk member baru sebagai keikutsertaan hanya mensyaratakan uang sebesar 180 ribu. Uang sebesar ini untuk tujuan investasi tentu saja sangat terjangkau. Sehingga dengan uang pangkal sebesar ini tentu sangat terjangkau bagi khalayak awam. Bilamana gagal juga tidakakan terlalu merasa kehilangan . Tujuan tulisan ini bukan mau melarang niat anda mau berinvestasi melalui situs ini, namun ada beberapa hal yang agak meragukan yang seharusnya menjadi pertanyaan bagi calon “investor” sebelum menjadi anggota :

  • Tidak ada penunjuk alamat pengelola

Pada saat dicoba untuk mengklik pengelola, kemudian keluar pesan minta sponsor. Namun setelah mendapat sponsor secara acak, tetap saja nama pengelola tidak muncul. Hanya halaman awal saja yang tetap ada.

  • Produk tidak jelas

Memang disebutkan dihalaman awal situs ini bahwa yang dijual adalah e-book dan disebutkan ada 7 buah dan 2 aplikasi internet namun keterkaitan antara e-book dan mencari member baru adalah tidak jelas. Situs ini lebih menonjolkan mendapatkan member baru bukan memprovokasi tentang manfaat dari e-book yang ditawarkan.

  • Jumlah member yang tidak masuk akal

Untuk mencapai untung sebesar 5 milyar kalau membaca dari informasi di situs ini diharuskan mendapatkan member sebanyak 100.000 orang. Komunitas dunia maya yang potensial memang luar biasa banyak dan terus tumbuh namun untuk menggaet member baru sebanyak 100.000 orang tentu membutuhkan energi dan effort yang luar biasa.

Situs tawaran bisnis 5 milyar memang menawarkan mimpi indah disiang bolong. Saya cuma ingin mengingatkan kembali bahwa sistem yang dipakai adalah suatu penipuan. Memang ada beberapa “investor “ yang mendapatkan uang lebih, namun harus diingat bahwa return yang diterima bukanlah hasil investasi namun uang investor lainnya. Saya tidak mau berpolemik disini dan tidak mau blog saya jadi debat pro dan kontra.

%d blogger menyukai ini: