jump to navigation

Gelang Investasi, Ditunggu Kehadirannya Oktober 17, 2009

Posted by pengelolaan keuangan in Tips Keuangan.
trackback

Dalam berinvesasi terutama pada bursa saham, banyak hal yang sering menyesatkan seorang trader atau investor . Bahkan bagi rationalizerbroker yang berpengalaman sekalipun. Seringkali dalam kondisi emosi yang tidak stabil, trader dipasar bursa saham sering melakukan kesalahan dengan melakukan pembelian saham ketika harga mahal karena dorongan ekspektasi yang berlebihan, dan sebaliknya karena dorongan rasa takut yang berlebihan maka timbul kepanikan segera menjual saham pada saat harga jatuh. Melihat kondisi ini perusahaan Belanda, Philips Electronics melihat sebuah peluang bisnis dan mengembangkannya bekerja sama dengan bank Belanda terkemuka untuk membuat sistem peringatan bagi pelaku bursa ketika mereka akan segera membuat keputusan untuk membeli atau menjual saham sementara mereka merasa terlalu emosional. Alat ini disebut “The Rationalizer,” dan sebuah model tes dipajang di sebuah pertemuan puncak tentang inovasi di Brussels.

Alat ini terdiri dari sebuah “EmoBracelet” – yang bentuknya seperti terlihat dari film science fiction, dan sebuah pemancar cahaya “EmoBowl” yang berada di dekat seorang pengguna. Gelang ini akan merasakan getaran emosional penggunanya dan kemudian mengirimkan sinyal radio kedalam sebuah mangkuk. Bilamana pengguna alat ini mempunyai perasaan emosi yang kuat maka mangkuk akan berpendar warnanya dari kuning, oranye dan akhirnya menjadi merah.

Teknologi penjejak emosi adalah sebuah sensor yang peka yang dapat membaca hetaran yang muncul dari permukaan kulit seseorang. Dari pengamatan seorang banker mengatakan bahwa seorang investor perempuan lebih rendah tingkat emosinya dibandingkan dengan investor pria. Pria terlalu perhatian dalam mempertimbangkan underlying asset sebuah keputusan investasi sedangkan perempuan tidak.

Namun sayang kelihatannya alat yang canggih ini masih agak akan segera muncul dipasaran meskipun tidak perlu menunggu sampai bertahun-tahun karena mungkin masih dalam proses penyempurnaan. Namun tidak ada salahnya nanti bagi kita yang belajar berinvestasi dapat menggunakan alat ini agar membantu bertindak lebih rasional.

Komentar»

1. sedjatee - Oktober 27, 2009

salam investasi mas…

sedj

2. Day - November 17, 2009

Saham sejatinya adalah instrument investasi jangka panjang, bukan instrument jangka pendek yang duibeli pagi alu dijual sore. Saham adalah kepemilikan seseorang dalam bentuk modal ke dalam sebuah perusahaan, jadi secara logika mana mungkin perusahaan dalam mengelola dgn baik modalnya jika nilai sahamnya naik turun secara tajam setiap hari. Jadi, jadilah investor jangka panjang dan jangan terlalu panik dgn kondisi bullish.
Info harga mobil, please visit web mobil bekas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: